Senin, 13 Januari 2020

Modif Pully Water Pump Daihatsu Taruna

Alhamdulillah masih di beri umur panjang
Buat berbagi pengalaman seputar Taro

Sebelum melanjutkan membaca
saya Warning Tidak wajib di tiru

Kali ini 2427 mau berbagi pengalaman seputar Water pump taruna
seiring perjalanan waktu tentunya kondisi mesin mobil akan mengalami
perubahan apalagi jika si pemakai bukan lagi tangan pertama

Di sini saya merasa sedikit kurang nyaman pada saat kondisi bermacet macet ria
di tambah lagi pada saat kondisi panas kadang si Ecu memprotek atau mematikan ac
secara otomatis jika sudah menyentuh di suhu tertentu, apa tidak bikin jengkel, mana
kalau sudah ecu yang ambil alih ga bisa kita apa apakan dimatikan nyalalakan sudah
lagi tidak mau, untuk kasus ini biasanya saya kadang harus sedikit menggeber rpm
supaya ac mau nyala lagi, ya sebenarnya demi keamanan juga sih,
tujuan Si Ecu supaya mesin terbebas dari overheating

Tapi kayak nya kurang nyaman saja saya rasa walaupun tidak sering terjadi
Ini untuk Efi ada proteknya & untuk karbu saya belum pernah memperhaatikan
ada proteksi nya apa enggak saya rasa ada juga kayak nya.

buat yang penasaran dengan proteksi Ecu bisa lakukan pengujian dengan menyalakan mobi
ac nyalakan full posisi ac menyala setel rpm di 600 san, kenapa ko 600? di sini kita mencari bug
untuk memastikan masih fungsi enggak proteksi Ecu nya, lebih cepat lagi kalau sambil di jemur
mobil nya, jadi panas bukan bersumber dari mesin tapi dari luar juga

Di sini saya coba experimen modif & mengganti Pully Water pump
dengan ukuran yang lebih kecil & benar saja setelah saya modif hasil nya
sangat memuaskan, ac sudah terbebas dari proteksi Ecu
Mungkin ada yang bertanya kenapa ko di perkecil Pully nya?
Begini untuk ukuran pully Water pump bawaan taruna saya ukur sekitar 12,3cm
Jadi di sini saya mengecilkan sekitar 20% dari ukuran aslinya menjadi 9,7cm
Mungkin sobat ada yang masih bingung

Pully Water pump bekerja memutar baling baling penghisap atau sirkulasi air
pada saatposisi mobil berhenti bermacet macet ria apalagi kondisi panas
baik suhu dari luar mobil ataupun suhu dari mesin menyatu memberi energi panas
nah perlu kita ketahui pada saat mobil berhenti maka putaran mesin pun menurun
yang terjadi putaran pully water pump juga menjadi pelan sehingga sirkulasi air pun
tidak lancar, dan dengan memodifikasi pully water pump menjadi kecil putaran
baling baling air pun menjadi lebih cepat, bukan cuma sirkulasi saja yang menjadi cepat
putaran kipas radiator pun bertambah lebih  kencang
dan yang saya alami jadi lebih bagus system pendinginan nya
apalagi saya tinggal di daerah yang bisa di bilang lumayan panas.

Tips ini bisa juga di terapkan buat Sobat yang mobil nya sering demam
yang mungkin sudah masuk bengkel sana sini tapi masih juga sering demam

Kira nya demikian dulu pengalaman seputar pully water pump
Semoga bermanfaat buat Teman & Sobat
Jangan lupa bahagia & perbanyak bersyukur


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar