Alhamdulillah masih di beri umur panjang sobat
Kali ini 2427 akan berbagi pengalaman tentang Extra Fan (EF)
buat pengganti kipas Visco yang mana fingsinya sebagai pendingin radiator
barangkali kedepan ada Sobat yang mau beralih dari visco ke EF
Apa kelebihan EF?
Sebenarnya masing masing punya kelebihan dan kekurangan sih
cuma disini untuk saya pribadi berhubung si Taro tergolong mobil kluaran lama
saya coba manjakan dengan tidak membebani mesin dengan putaran kipas Visco
untuk lebih jelas nya mengenai kelebihan dan kekurangan silahkan Sobat browsing
sendiri ya Sob
Lanjut
Untuk modifikasi Extra fan lain bengkel lain orang tentu berbeda cara
tapi tetap satu tujuan yaitu mendinginkan radiator
Berhubung disini di daerah yang saya tinggali cuaca nya lumayan
panas terpaksa saya membuat Extra Fan dual kipas, karena setelah uji coba di
tanjakan atau pendakian panjang dengan menggunakan single kipas kayak nya
sedikit khawatir, di tambah lagi kalau perjalanan jauh seandainya motor kipas trobel
kita repot di jalan, akan lebih susah lagi kalau bawa keluarga tercinta bisa bisa
bermalam di jalan, nah di sini saya mencoba membuat Dual Extra Fan
supaya kalau ada sala satu motor fan mungkin rusak masih bisa meneruskan perjalanan
Untuk biaya ya lumayan sih, tapi ini prosesnya juga panjang Sobat
saya harus menyisipkan rejeki sedikit demi sesikit karna berhubung sudah
berkeluarga ya harus begitu, jangan mengorek uang belanja & simpanan
ko malah jadi curhat ya
Untuk rangkaian berikut rangkaian Dual Extra Fan
tapi bisa juga dengan memasang Single kipas Sobat & untuk yang
tinggal di area extrime sulawesi contoh nya bisa menerapkan Dual Extra Fan
tapi kalau dia area jawa single kipas sudah cukup kayak nya
Disini Sobat bisa juga menyisipkan rangkaian tunda
jadi pada saat kita berhenti atau mesin mati mendadak dalam
kondisi mesin masih panas kontak di ON kipas tidak langsung menyala
disini saya memakai rangkaian tunda dan saya tunda 40detik, jadi pada saat
mobil mungkin mati mendadak atau beli rokok sebentar kita OF kan, nah pada
saat kita ON kontak kipas tidak langsung menyala, walaupun Controler sudah
memerintahkan untuk menyala,nanti menunggu waktu atau delay tunda nya
habis baru nyala, dengan begitu tarikan dinamo stater
tidak akan terganggu dengan beban arus kipas & aki pun jadi awet.
Saran saya maraknnya kasus pencurian jangan memarkir kedaraan dalam
kondisi menyala kecuali dalam keadaan darurat
Lanjut
Disini saya juga menyuit kipas Ac juga
Jadi untuk memgurangi pemakaian listrik disini
Kipas Ac saya pasang relay kaki 6 dengan alasan pada saat kipas
radiator menyala relay kaki 6 ikut aktif dan memutus jalur kipas Ac
(BUKAN MEMATIKAN AC YA CUMA KIPAS KONDENSOR
YANG ADA DI DEPAN) mungkin ada yang bertanya kenapa ko di swit?
tujuan nya supaya tidak boros pemakaian listrik jadi perlu kita swit
mungkin kalau pakai singel kipas EF tidak apa apa tidak di swit tapi kalau
pakai Dual EF ya untuk saya pribadi perlu di memenek untuk segi kelistrikan nya
dan sekedar info untuk penyuitan kipas Ac jangan khawatir masalah Ac, sudah saya
coba & ac pun masih terasa dingin walaupun kipas kondensor posisi mati sementara
karena kipas daya hisapnya bisa juga selain tembus sampe depan radiator terbukti
waktu kipas ac mati diapun ikut berputar karna kena efek hisapan, belum lagi kalau
sambil jalan tabrakan angin dari depan bisa membantu proses pendinginan pendinginan
si Kondensor, dan saran saya perlu juga menambahkan lampu Led di dasbor buat
monitoring rangkaian jika terjadi masalah di jalur nya.
Untuk opsi menambahkan delay tunda & menyuit kipas kondensor Ac
bisa di skip saja jika ribet Sobat
Dan untuk control kipas saya memilih versi Digital bisa di liat di dasbor
dan bisa di setel setel sesuai selera kita, berbeda dengan pada umum nya yang
tidak bisa di setel setel.
Untuk menambahan kan Extra Fan baik single atau Dual EF
saya sarankan untuk mengupgrade Alternator dulu, tapi kalau mau
memaksakan dengan alternator bawaan ya monggo dengan catatan pinter
pinter memenek kelistrikan, kalau tidak bisa bisa jadi bumerang
yang malah bisa menyebabkan mesin gagal stater nanti nya
Untuk penampakan kipas midifikasi Dual kipas ada di bawah berhubung
kekurangan dana (Bondo Cupet) terpaksa pakai kompor bekas dan
dua buah motor sama kipas karimun Ory di rakit sendiri
Dan untuk penerapan Dual kipas EF ini sudah lama ya sobat
bukan pada saat saya posting ini saja dan Alhamdulillah tidak ada
kendala selama pemakaian.
Dan untuk coretan jalur bisa di klik ling di bawah
Ada tiga file untuk sandi atau paspor pdf nya DTC
Silahkan pilih sesuai selera
Dan untuk setingan kalau dalam kota saya seting
ON di 90 & OF di 88 kalau perjalanan jauh ON di 90 & OF di 85 kadang 80
Berikut adalah hasil test setelah menempuh perjalanam lebih dari 100km
untuk jeda nyala kipas sendiri jika tanpa ac posisi berhenti stasioner di rpm 500
sekitar 20detik dan posisi nyala ac di rpm 700san sekitar 25detik, dan kalau waktu
jalan akan lebih cepat lagi karna sirkulasi lebih cepat pada saat mobil berjalan
Kiranya demikian dulu kali ini
Semoga bermanfaat
Jangan lupa bahagia & perbanyak bersyukur
01- DUAL KIPAS PAKE DELAY TUNDA SWITCH KIPAS AC
02- DUAL KIPAS TIDAK ADA DELAY TIDAK SWITCH KIPAS AC
03- MODIFIKASI KIPAS RADIATOR FULL
Kali ini 2427 akan berbagi pengalaman tentang Extra Fan (EF)
buat pengganti kipas Visco yang mana fingsinya sebagai pendingin radiator
barangkali kedepan ada Sobat yang mau beralih dari visco ke EF
Apa kelebihan EF?
Sebenarnya masing masing punya kelebihan dan kekurangan sih
cuma disini untuk saya pribadi berhubung si Taro tergolong mobil kluaran lama
saya coba manjakan dengan tidak membebani mesin dengan putaran kipas Visco
untuk lebih jelas nya mengenai kelebihan dan kekurangan silahkan Sobat browsing
sendiri ya Sob
Lanjut
Untuk modifikasi Extra fan lain bengkel lain orang tentu berbeda cara
tapi tetap satu tujuan yaitu mendinginkan radiator
Berhubung disini di daerah yang saya tinggali cuaca nya lumayan
panas terpaksa saya membuat Extra Fan dual kipas, karena setelah uji coba di
tanjakan atau pendakian panjang dengan menggunakan single kipas kayak nya
sedikit khawatir, di tambah lagi kalau perjalanan jauh seandainya motor kipas trobel
kita repot di jalan, akan lebih susah lagi kalau bawa keluarga tercinta bisa bisa
bermalam di jalan, nah di sini saya mencoba membuat Dual Extra Fan
supaya kalau ada sala satu motor fan mungkin rusak masih bisa meneruskan perjalanan
Untuk biaya ya lumayan sih, tapi ini prosesnya juga panjang Sobat
saya harus menyisipkan rejeki sedikit demi sesikit karna berhubung sudah
berkeluarga ya harus begitu, jangan mengorek uang belanja & simpanan
ko malah jadi curhat ya
Untuk rangkaian berikut rangkaian Dual Extra Fan
tapi bisa juga dengan memasang Single kipas Sobat & untuk yang
tinggal di area extrime sulawesi contoh nya bisa menerapkan Dual Extra Fan
tapi kalau dia area jawa single kipas sudah cukup kayak nya
Disini Sobat bisa juga menyisipkan rangkaian tunda
jadi pada saat kita berhenti atau mesin mati mendadak dalam
kondisi mesin masih panas kontak di ON kipas tidak langsung menyala
disini saya memakai rangkaian tunda dan saya tunda 40detik, jadi pada saat
mobil mungkin mati mendadak atau beli rokok sebentar kita OF kan, nah pada
saat kita ON kontak kipas tidak langsung menyala, walaupun Controler sudah
memerintahkan untuk menyala,nanti menunggu waktu atau delay tunda nya
habis baru nyala, dengan begitu tarikan dinamo stater
tidak akan terganggu dengan beban arus kipas & aki pun jadi awet.
Saran saya maraknnya kasus pencurian jangan memarkir kedaraan dalam
kondisi menyala kecuali dalam keadaan darurat
Lanjut
Disini saya juga menyuit kipas Ac juga
Jadi untuk memgurangi pemakaian listrik disini
Kipas Ac saya pasang relay kaki 6 dengan alasan pada saat kipas
radiator menyala relay kaki 6 ikut aktif dan memutus jalur kipas Ac
(BUKAN MEMATIKAN AC YA CUMA KIPAS KONDENSOR
YANG ADA DI DEPAN) mungkin ada yang bertanya kenapa ko di swit?
tujuan nya supaya tidak boros pemakaian listrik jadi perlu kita swit
mungkin kalau pakai singel kipas EF tidak apa apa tidak di swit tapi kalau
pakai Dual EF ya untuk saya pribadi perlu di memenek untuk segi kelistrikan nya
dan sekedar info untuk penyuitan kipas Ac jangan khawatir masalah Ac, sudah saya
coba & ac pun masih terasa dingin walaupun kipas kondensor posisi mati sementara
karena kipas daya hisapnya bisa juga selain tembus sampe depan radiator terbukti
waktu kipas ac mati diapun ikut berputar karna kena efek hisapan, belum lagi kalau
sambil jalan tabrakan angin dari depan bisa membantu proses pendinginan pendinginan
si Kondensor, dan saran saya perlu juga menambahkan lampu Led di dasbor buat
monitoring rangkaian jika terjadi masalah di jalur nya.
Untuk opsi menambahkan delay tunda & menyuit kipas kondensor Ac
bisa di skip saja jika ribet Sobat
Dan untuk control kipas saya memilih versi Digital bisa di liat di dasbor
dan bisa di setel setel sesuai selera kita, berbeda dengan pada umum nya yang
tidak bisa di setel setel.
Untuk menambahan kan Extra Fan baik single atau Dual EF
saya sarankan untuk mengupgrade Alternator dulu, tapi kalau mau
memaksakan dengan alternator bawaan ya monggo dengan catatan pinter
pinter memenek kelistrikan, kalau tidak bisa bisa jadi bumerang
yang malah bisa menyebabkan mesin gagal stater nanti nya
Untuk penampakan kipas midifikasi Dual kipas ada di bawah berhubung
kekurangan dana (Bondo Cupet) terpaksa pakai kompor bekas dan
dua buah motor sama kipas karimun Ory di rakit sendiri
Dan untuk penerapan Dual kipas EF ini sudah lama ya sobat
bukan pada saat saya posting ini saja dan Alhamdulillah tidak ada
kendala selama pemakaian.
Dan untuk coretan jalur bisa di klik ling di bawah
Ada tiga file untuk sandi atau paspor pdf nya DTC
Silahkan pilih sesuai selera
Dan untuk setingan kalau dalam kota saya seting
ON di 90 & OF di 88 kalau perjalanan jauh ON di 90 & OF di 85 kadang 80
Berikut adalah hasil test setelah menempuh perjalanam lebih dari 100km
untuk jeda nyala kipas sendiri jika tanpa ac posisi berhenti stasioner di rpm 500
sekitar 20detik dan posisi nyala ac di rpm 700san sekitar 25detik, dan kalau waktu
jalan akan lebih cepat lagi karna sirkulasi lebih cepat pada saat mobil berjalan
Kiranya demikian dulu kali ini
Semoga bermanfaat
Jangan lupa bahagia & perbanyak bersyukur
01- DUAL KIPAS PAKE DELAY TUNDA SWITCH KIPAS AC
02- DUAL KIPAS TIDAK ADA DELAY TIDAK SWITCH KIPAS AC
03- MODIFIKASI KIPAS RADIATOR FULL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar